Report Text atau Descriptive Text, Bingung?

|

Saya heran, konon menurut kawan saya, yang menjadi seorang guru bahasa Inggris, banyak pelajar masih bingung dan ribut masalah perbedaan report text dengan descriptive text.

Saya sendiri juga baru tahu (maklum saya bukan guru), mengapa dua jenis teks ini dianggap berbeda. Setahu saya, dengan perpustakaan pribadi yang minim, sebenarnya tidak ada perbedaan mencolok antara report text dan descriptive text. (Mungkin gara-gara saya sering membaca bacaan yang campur aduk sehingga semua jenis teks terasa sama: sama-sama enak dibaca :)

Namun apalah daya, beginilah nasib pendidikan bahasa Inggris di Indonesia, materi belajar dan mengajar bahasa Inggris berisi banyak teori yang aneh-aneh, dan hal ini - menurut saya, sangat menyita waktu. Kok aneh dan menyita waktu? Ya iya lah, report text dan descriptive text kan mirip seperti saudara kembar jadi harusnya diajarkan dalam satu kesempatan dan tidak terputus oleh tugas-tugas aneh, sehingga anak didik tidak cepat lupa akan perbedaan antara report text dan descriptive text. Sangat aneh, mengapa harus mengulur waktu jika memang memiliki persamaan materi.

Jika sudah demikian apa yang harusnya kita lakukan? Hemat saja dan tidak usah bertele-tele, jangan tunda waktu yang tepat untuk belajar bahasa Inggris. Peringkasan 'waktu' dalam bahasa Inggris adalah kunci keberhasilan dalam meningkatkan kualitas berbahasa Inggris kita. Jika kedua teks: report dan descriptive dianggap memiliki kesamaan dan perbedaan, harusnya keduanya disajikan bersamaan pula, irit waktu dan tidak merepotkan siswa (kasihan dikit dong pak dan bu guru). 

Jika sobat memang benar belum paham, cobalah baca lagi pelajaran mengenai report text dan bandingkan dengan pelajaran tentang descriptive text. Mudah kan?

Jika malas membandingkan kedua jenis teks tersebut, oke baca saja perbandingan antara descriptiive text dengan report text di bawah ini :



Descriptive Text
Report Text
Pengertian
Sebuah teks yang memberikan penjelasan hal yang lebih khusus

Sebuah teks yang memberikan penjelasan hal yang lebih umum
Contoh
Music Box

Music boxes are small instrument that play tunes by themselves. The music-making parts of a music box are a cylinder and a row of metal teeth of different lengths. A spring or a set of wheels turns the cylinder.

Music

Music is sound put into pleasing or interesting patterns. People use music for a part of ceremonies, such as religious services, parades, and weddings. People also use music to show their feelings and ideas.
Tujuan
Untuk memberikan informasi, menggambarkan, atau menjelaskan fenomena khusus tentang berbagai hal, baik masalah lingkungan, pendidikan, sosial, politik, budaya dan sebagainya.

Untuk memberikan informasi, menggambarkan, atau menjelaskan fenomena umum  tentang berbagai hal, baik masalah lingkungan, pendidikan, sosial, politik, buday dan sebagainya.
Struktur Teks
·         Identification: berisi informasi umum beserta klasifikasinya.
·         Description : Penjelasan lebih lanjut tentang sifat, ciri, bentuk dan penjelasan lainnya.
·         Menggunakan simple present

·         Identification: berisi informasi umum beserta klasifikasinya.
·         Description : Penjelasan lebih lanjut tentang sifat, ciri, bentuk dan penjelasan lainnya.
·         Menggunakan simple present

Perbedaan dan persamaan antara descriptive text dan report text di atas saya rangkum dari beberapa buku bahasa Inggris SMP dari pusat perbukuan nasional Departemen Pendidikan. Namun, kesan pertama saya membacanya, saya hanya terkesima, tidak tahu mengapa ada hal-hal yang janggal dalam penjelasan keduanya.

Hal paling aneh yang saya temukan adalah bahwa dalam kedua teks di atas, mengapa harus memaksakan diri bahwa kedua teks tersebut harus menggunakan simple present tense padahal persyaratan ini tidak wajib dalam penulisan paragraf deskripsi atau report. Benarkah? Ya, banyak jenis descriptive text atau report text bukan saja menggunakan simple present tense. Jika tidak percaya, tanyakan pada guru bahasa Inggris sobat. Jika guru sobat tidak mau menjawab, sobat lebih baik diam saja... :) Jangan berdebat !!!
Apakah sobat adalah seorang pelajar tingkat menengah? SMP atau SMA? Jika benar sobat adalah seorang pelajar tingkat menengah, percaya saja pada apa yang guru bahasa Inggris sobat jelaskan. Jangan berdebat tentang keanehan report text dan descriptive text yang saya jelaskan, karena nanti "nilai" sobat bisa terancam... :)

Setidaknya, baik contoh "sangat singkat" dari descriptive text dan report text di atas sudah cukup membuat sobat paham akan perbedaan inti dari keduanya. Dan semoga mendapat nilai yang baik ketika disuruh membuat tugas, ulangan ataupun ujian nanti...

REPORT TEXT - Music dan DESCRIPTIVE TEXT - Music Box
REPORT TEXT - Umum dan DESCRIPTIVE TEXT - Khusus
REPORT TEXT - Keluarga dan DESCRIPTIVE TEXT -Ibu
REPORT TEXT - Binatang dan DESCRIPTIVE TEXT Kucing

Jelas? Jika mengacu pada dua contoh singkat di atas, pasti jelas... :) Bikin sendirinya yang sulit ya?? :)

Catatan :

Saya sendiri lebih senang menyebut keduanya sebagai Descriptive Writing, pelajaran menulis tingkat tinggi yang tidak bisa diselesaikan hanya di sekolah tingkat menengah saja... saya hanya berharap sobat terus belajar bahasa Inggris dan jangan putus asa... Just keep learning....

Tontenk

If you enjoyed this article, subscribe to receive more great content just like it. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Report Text atau Descriptive Text, Bingung?"

Leave a reply